Berita World Cup Nigeria Melibas Burkina Faso

Nigeria Melibas Burkina Faso

Nigeria Melibas Burkina Faso

Berita World Cup – Brown Ideye memberikan kontribusi besar bagi negaranya ketika dua gol yang ia cetak di babak pertama melengkapi kemenangan Nigeria dengan skor 4-1 atas negara tetangga mereka, Burkina Faso. Pertandingan yang sarat akan gengsi ini sendiri diadakan di Kaduna. Pertandingan ini juga sekaligus menjadi ulangan partai Final Africa Cup of Nations atau Piala Afrika yang diadakan di tahun 2013. Kubu tuan rumah mendominasi sepanjang pertandingan dan bisa saja menang dengan selisih gol yang terpaut lebih jauh andai saja mereka tidak mampu menyelesaikan semua peluang yang ada dengan lebih akurat dan sempurna.

Ideye membuka keunggulan terlebih dahulu di pertandingan berjalan dengan memanfaatkan bola kemelut hasil set piece, yang didapatkan akibat kesalahan yang dibuat oleh lini pertahanan lawan. Beberapa saat kemudian, yang bersangkutan menggandakan raihannya dengan mencetak satu gol sebelum istirahat.  Penyelesaian akhir yang mantap itu pun membuat Nigeria masuk ke ruang ganti dengan keunggulan 2-0. Shola Ameobi membuat golnya di tim nasional untuk pertama kali di babak kedua. Beberapa menit kemudian, Emmanuel Emenike membuat timnya unggul 4-0, tepat sebelum pertandingan berjalan total 60 menit. Bagi Burkina Faso, kekalahan telak sudah tidak dapat dihindarkan lagi, akibat mereka hanya mampu mencetak satu gol tambahan melalui Saidou Simpore di menit-menit akhir.

Kedua tim sebenarnya sudah masuk ke babak berikut kualifikasi Piala Dunia 2014 di Zona Afrika. Baik Burkina Faso dan Nigeria masing-masing menjadi pemuncak di grup yang mereka huni. Keduanya pun dipastikan maju ke babak knock-off untuk menentukan wakil dari Afrika yang akan mendapatkan tiket menuju Brasil tahun depan. Oleh karena itu, pertandingan ini tidak lebih dari sekedar laga untuk memperebutkan gengsi saja. Nigeria berusaha untuk mempertahankan rekor mereka selama 49 tahun tidak pernah kalah dari Burkina Faso dan di waktu yang sama ingin memperpanjang catatan manis tidak pernah kalah ketika bermain di kandang sendiri selama 10 tahun. Kubu tuan rumah memulai permainan dengan baik ketika John Ogu dan Ameogi melepaskan tembakan yang hanya menyamping di sisi gawang lawan.

Ideye kemudian mencatatkan namanya di papan skor ketika di menit ke-12 ia mampu memanfaatkan kesalahan komunikasi antara pemain bertahan dan kiper lawan untuk mengirimkan bola ke balik garis gawang. Nigeria pun unggul 1-0. Kubu tamu jarang memberikan ancaman ke daerah pertahanan Nigeria dan posisi mereka pun menjadi semakin terpuruk ketika Ideye membuat gol keduanya yang juga sekaligus menggandakan keunggulan dari tim tuan rumah. 2-0 untuk Nigeria. Penyerang milik tim Dynamo Kyiv itu mengobrak-abrik pertahanan Burkina Faso dengan melewati tiga pemain bertahan lawan dan memanfaatkan bola terobosan dari Ogu. Kemudian dengan tenangnya ia mengangkat bola melewati hadangan Lare Diarra. Nigeria kemudian semakin di atas angin ketika Ameobi dan Emenike mencetak gol ketiga dan keempat. Burkina Faso pun musti tertunduk lesu setelah hanya mampu membalas dengan satu gol. Berita World Cup