FC Basel Jadi Produsen Pemain Bundesliga

FC Basel Produsen Pemain BundesligaFC Basel Jadi Produsen Pemain Bundesliga – FC Basel merupakan salah satu tim asal Liga Swiss yang sempat membuat kejutan ketika mereka mengalahkan Chelsea pada babak putaran grup Liga Champions musim ini. Tapi tahukah anda bahwa FC Basel ini merupakan tim yang memproduksi beberapa pemain hebat yang menjadi bintang di Bundesliga ? FC Basel yang mampu meraih 8 gelar juara Liga dan juga 6 kali juara Piala Swiss, mampu memproduksi para pemain hebat yang diincar oleh tim-tim dari Bundesliga tersebut.

Marco Streller menjadi salah satu pionir Basel yang hengkang ke Bundesliga. Streller saat itu hengkang ke VFB Stuttgart pada bulan Januari 2004 dengan harga 3 juta euro. Namun di Stuttgart sendiri Streller kurang bersinar. Akhirnya ia dipinjamkan ke Koeln. Dan pada tahun 2007 akhirnya Streller hengkang dan pulang kembali ke FC Basel dan menjadi kapten andalan skuad tim asal Swiss ini.

Sementara pada bursa transfer musim panas 23007, pemain asal Kroasia Mladen Petric memutuskan pindah dari Basel ke Borussia Dortmund. Dan langkah ini diikuti oleh Ivan Rakitic ke Schalke 04. Petric ssendiri akhirnya memilih hengkang ke Hamburg selang semusim kemudian. Pada tahun 2012, Mladen Petric akhirnya hengkang ke Fulham dan saat ini memperkuat tim asal Yunani Panathinaikos. Sementara Rakitic dari Schalke akhirnya memilih terbang ke Sevilla dimana ia mampu menjadi pemain andalan di skuad tim asal La Liga Spanyol tersebut. Rakitic menjadi salah satu produksi dari Basel yang cukup sukses. Bersama Schalke yang dibelanya selama 4 musim, ia mampu mencetak 14 gol dan 25 assist. Dan di Sevilla sendiri yang harus mengeluarkan sekitar 2.5 juta euro, Rakitic mampu menjadi nyawa permainan dari Sevilla tersebut. Bahkan ada kabar United tertarik meminang pemain asal Kroasia tersebut.

Sementara nama lain yang sedang berkembang adalah Xherdan Shaqiri. Pemain Bayern Munchen ini bergabung dengan skuad Bavaria tersebut dari FC Basel dengan dana sebesar 11.8 juta euro. Terbukti bahwa Bayern tidak percuma mengeluarkan dana besar guna merekrut Shaqiri. Kontribusinya di skuad Bayern kala meraih treble winners terlihat jelas. Meskipun bukan pemain utama, namun peran Shaqiri ketika diturunkan guna menggantikan peran para pemain utama mampu membawa Bayern meraih hasil positif.

Xherdan Shaqiri sendiri biasa beroperasi di sektor sayap. Jika Franck Ribery atau Arjen Robben absen, Munchen tidak perlu khawatir dengan kekurangan stok pemain. Pasalnya Shaqiri memang biasa bermain di sektor sayap tersebut. Dan terlihat jelas bagaimana peran Shaqiri ketika Bayern mengalahkan Freiburg pekan lalu dimana ia mencetak 2 gol. Dan jelas salah satu produk Basel ini mampu menunjukkan permainan gemilang. Dan Basel masih akan menghasilkan beberapa nama hebat. Bahkan diluar Bundesliga, nama Mohammed Salah sudah siap menjadi calon pemain bintang.

Tags: