Ini Alasan Jose Mourinho Sering Memarkir Juan Mata

Ini Alasan Jose Mourinho Sering Memarkir Juan Mata

Ini Alasan Jose Mourinho Sering Memarkir Juan Mata

Juan Mata masih menjadi salah satu persoalan yang terus membuat pening Jose Mourinho, pelatih Chelsea. Mantan arsitek Real Madrid ini mengakui jika pemain besar seperti Juan Mata tidak layak untuk terus menerus disimpan di bangku cadangan pemain Chelsea. Tapi Jose Mourinho juga menyadari jika terpaksa harus sering memainkan Juan Mata, sang pelatih berjuluk The Happy One ini akan mendapat masalah yang tidak kalah peliknya. Posisi Juan Mata di skuad utama Chelsea memang mulai tergusur pada musim ini pasca kedatangan Jose Mourinho menggantikan Andre Villas Boas. Jose Mourinho lebih memilih untuk memainkan Oscar dan Eden Hazard mengisi posisi Juan Mata yang menjadi pemain terbaik Chelsea dalam dua musim terakhir. Dari semua ajang kompetisi yang diikuti Chelsea musim ini, Juan Mata baru tampil dalam sebelas laga. Mourinho mengakui jika keputusan untuk tidak memainkan Juan Mata bukanlah sebuah keputusan yang mudah. Mourinho sadar Juan Mata memiliki semua kelayakan untuk bisa mendapat tempat di skuad utama. Tetapi Mourinho berujar yang menjadi masalah adalah dirinya hanya bisa memainkan 11 pemain dalam satu pertandingan di atas rumput.

Kepada media London Evening Standard, Mourinho menegaskan jika dirinya tidak bisa mengubah peraturan FIFA terkait jumlah pemain yang bisa dipasang dari 11 pemain menjadi 12 atau 13 pemain. Mourinho menyambung jika di skuad Chelsea musim ini, banyak pemain yang layak diberikan satu tempat sebagai pemain inti dan Juan Mata merupakan salah satunya. Terlebih lagi Jose Mourinho bisa melihat kemampuan, perilaku dan cara kerja yang dimiliki oleh seorang Juan Mata setiap harinya dalam sesi latihan. Tapi jika Mourinho kemudian memainkan Juan Mata dan harus mengorbankan Oscar atau Hazard untuk duduk dibangku cadangan maka menurut Mourinho media akan mulai memberitakan tentang Hazard ayau Oscar yang tidak dimainkan.

Mourinho menyebut kondisi yang dialami oleh Juan Mata adalah resiko dan konsekuensi dari gemuknya materi pemain Chelsea musim ini. Musim ini Chelsea memang memiliki banyak opsi gelandang berkualitas seperti Willian, Mata, Hazard, Oscar, Lampard dan De Bruyne. Mourinho menyebut untuk saat ini dia tidak bisa melakukan apa-apa terkait situasi yang dihadapi Juan Mata walau secara pribadi Mourinho tidak memiliki masalah dengan Mata. Bahkan Mourinho meyakinkan jika dia tidak merasa bahagia saat harus mencadangkan pemain di bangku cadangan.