Moyes Diperiksa FA Terkait Komentarnya Terhadap Wasit

Moyes Diperiksa FA Terkait Komentarnya Terhadap Wasit

Moyes Diperiksa FA Terkait Komentarnya Terhadap Wasit

Manajer Manchester United, David Moyes, sedang diperiksa Football Association karena komentarnya terhadap wasit yang memimpin dalam pertandingan antara timnya melawan Sunderland dalam babak semi final ajang Capital One Cup pada hari Selasa, 7 Januari 2014, kemarin. Moyes mengatakan bahwa Manchester United harus melawan ofisial pertandingan juga selain juga harus melawan Sunderland. Manajar Red Devils tersebut sangat amat marah dengan keputusan sang pengadil pertandingan yakni Andre Marriner pada saat pertandingan Manchester United melawan Sunderland. Pada laga tersebut United harus menyerah kalah atas Tuan Rumah Sunderland. Skor akhir pertandingan tersebut adalah Sunderland 2-1 Manchester United. Sebuah kekalahan yang menipiskan peluang United mendapatkan harapan satu trofi.

The Red Devils kalah 1-2 dari Sunderland pada leg pertama ajang Capital One Cup pada babak semi final pada hari Selasa, 7 Januari 2014, kemarin. Maka, pelatih Red Devils asal Skotlandia David Moyes merasa bahwa kedua gol The Black Cats datang dari sebuah keputusan yang salah. Satu dari tendangan bebas dan satu lagi dari sebuah penalti. Moyes mengatakan kepada para wartawan bahwa keputusan Andre Marriner harus dipertanyakan. Moyes melihat bahwa ketika sebelum gol pertama terjadi seharusnya justru yang diberikan tendangan bebas adalah United tetapi mengapa kemudian yang diberikan tendangan bebas adalah Sunderland.

Pada beberapa saat kemudian, kejadian serupa nyaris terjadi, hampir sama persis tapi kali ini pemain United yang melakukannya, tapi, alangkah kaget Moyes justru pemainnya ketika melakukan hal yang sama justru diberikan kartu kuning. Maka, Moyes menganggap bahwa wasit telah melakukan sebuah lelucon. FA kemudian telah mendengar komentar asli Moyes dari rekaman para wartawan. FA langsung memeriksa apakah perlu untuk menghukum Moyes. Karena ternyata dicurigai pula ada sebuah flare yang terlempar dari kursi pendukung United. Maka, bisa jadi United akan terkena denda dua kali. Pelatihnya terkena sanksi juga klub tentu akan terkena sanksi jika benar lemparan flare tersebut memang benar berasal dari pendukung United.

Pemain United yang juga menjadi pelatih cadangan Setan Merah yakni Ryan Giggs sangat sepakat dan mendukung apa yang dikatakan Moyes terhadap wasit. Giggs membenarkan bahwa banyak keputusan Andre Marriner adalah sebuah keputusan yang patut ditertawakan. “Kami hanya tertawa menit demi menit. Ternyata memang banyak keputusan dia yang adalah lelucon. Kalian bisa lihat sendiri pertandingan tersebut bagaimana keputusan wasit banyak yang seperti bercanda.” Kata Ryan Giggs kepada para wartawan yang menanyakan pendapatnya atas kejadian yang menimpa Moyes. Mungkin bagi para pembenci United ini adalah saat mereka menyerang United, karena justru biasanya yang diuntungkan oleh wasit adalah Manchester United. Bahkan dulu, sempat ada lelucon bahwa pemain ke 13 Manchester United adalah wasit selain sebelas pemain di lapangan dan dukungan para supporter.